Senin, 03 Mei 2010

Kebocoran Minyak Teluk Meksiko AS Sedang Hadapi Bencana Lingkungan

WASHINGTON, KOMPAS.com

Presiden AS Barack Obama, mengatakan AS sedang menghadapi bencana lingkungan hidup yang berpotensi besar dan tak pernah terjadi sebelumnya akibat meluasnya tumpahan minyak di Teluk Meksiko karena pengeboran yang tenggelam.

Ketika berbicara di satu pos Penjaga Pantai di Venice di ujung selatan Louisiana, Obama mengatakan British Petroleum (BP), pemegang kontrak pengeboran tersebut, jelas bertanggung jawab dan harus membayar biaya untuk itu.

"Kita menghadapi potensi bencana lingkungan hidup yang sangat besar dan tak pernah terjadi sebelumnya, biar saya jelaskan, BP bertanggung jawab atas kebocoran ini. BP akan membayar biayanya," kata Presiden AS tersebut.

Obama mengatakan tumpahan minyak itu dapat membahayakan kehidupan ribuan orang Amerika, dan berjanji pemerintahnya akan melakukan apa saja yang dapat dilakukan guna menghentikan krisis tersebut.

"Minyak yang masih mengalir dari sumur itu sangat merusak ekonomi dan lingkungan hidup negara bagian kita di Teluk ... Itu dapat membahayakan kehidupan ribaun orang Amerika yang menyebut tempat ini rumah," katanya.

Tumpahan minyak tersebut, yang mulanya disebabkan ledakan besar pada 20 April di pengeboran Deepwater Horizon, ditimbulkan oleh kebocoran sangat banyak minyak di pengeboran yang kini tenggelam, yang memproduksi 5.000 barel minyak per hari.

Tumpahan itu telah mengancam lingkungan hidup pantai yang rentan dan memaksa National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menutup penangkapan ikan komersial dan hiburan di perairan yang terpengaruh minyak di Teluk Meksiko setidaknya selama 10 hari.

Meskipun BP akan diminta bertanggungjawab, Obama berikrar akan melakukan apa saja yang dapat dilakukannya guna memerangi krisis tersebut, dan mengatakan ia takkan menyia-nyiakan upaya guna menanggapi krisis ini selama krisis tersebut berlanjut.

Obama mengunjungi Louisiana, yang dilanda tumpahan minyak, Minggu. Ia mendapat penjelasan dari Gubernur Louisiana Bobby Jindal, pemimpin Lembaga Perlindungan Lingkungan Hidup Lisa Jackson dan Komandan Penjaga Pantai Thad Allen.

Mereka membahas prosedur penutupan sumur yang digunakan untuk menutup kebocoran, dampak ekonomi dari bencana itu dan dampak lingkungan hidup bagi tanah rawa di pantai Louisiana, demikian keterangan Gedung Putih.

Selain itu, Obama juga berjanji petugas penegak hukum akan melakukan apa yang diperlukan untuk menemukan mereka yang bertanggungjawab atas upaya pemboman mobil yang gagal di Kota New York, Sabtu.

Obama mengatakan ia berbicara dengan Walikota New York Michael Bloomberg, dan tim keamanan nasional pemerintahnya telah melakukan setiap tindakan yang diperlukan guna menjamin negara kita dan mitra lokal mendapat kerja sama dan dukungan penuh dari pemerintah federal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar